Penggunaan Alat Test Covid Bekas di Bandara Kualanamu Terungkap! Ini Kronologinya! 

Alat Test Covid Bekas

Penggunaan Alat Test Covid Bekas di Bandara Kualanamu Terungkap! Ini Kronologinya!  – Pengungkapan kasus penggunaan alat rapid test antigen bekas dilayanan rapid test antigen lantai II Mezzanine Bandara Kualanamu International Airport (KNIA) akhir-akhir ini banyak diperbincangkan. Diduga, pemakaian alat bekas ini menjadi penyumbang angka tingginya kasus Covid-19 di Sumatera Utara. 

Diawali dari adanya laporan yang diterima Polda Sumut dari pengguna jasa layanan rapid antigen di Bandara KNIA, yang menyatakan bahwa layanan tersebut menggunakan alat test covid bekas pakai. Sehingga, Polda Sumut pun mulai melakukan penyelidikan dengan berpura-pura menjadi calon penumpang pesawat dan melaksanakan test rapid antigen. 

Penggunaan Alat Test Covid Bekas di Bandara Kualanamu Terungkap

Salah satu tim Polda Sumut akhirnya melakukan test rapid antigen dan didapatkan hasilnya positif. Akhirnya terjadilah perdebatan dan dilakukan pemeriksaan seluruh laboratorium rapid antigen dan para petugas Kimia Farma dikumpulkan. Saat diinterogasi, petugas Kimia Farma akhirnya mengaku karena ketakutan, mereka mengaku bahwa alat yang digunakan untuk mengambil sampel adalah alat bekas pakai. 

Cara yang mereka lakukan adalah, alat pengambil sampel biasanya dicuci dengan air, lalu dimasukkan kembali ke tempat yang baru, sehingga alat tersebut terkesan masih baru. Polda Sumut pun mengamankan 5 orang yang berada di ruangan pemeriksaan rapid test antigen tersebut, termasuk petugas medis, dan akan dilakukan pemeriksaan intensif di Polda Sumatra Utara untuk dimintai keterangan lebih lanjut.