Ketahui 5 Hal Ini Saat Melakukan Isolasi Mandiri

Ketahui 5 Hal Ini Saat Melakukan Isolasi Mandiri

Ketahui 5 Hal Ini Saat Melakukan Isolasi Mandiri – Pasien positif Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah, sangat perlu menjaga imun tubuh mereka, karena saat terinfeksi Covid-19, seseorang bisa mengembangkan berbagai kondisi, baik yang bergejala ringan, sedang, berat, ataupun tanpa gejala (OTG).

Beberapa carapun dianjurkan saat melakukan isolasi mandiri, karena masih banyak masyarakat yang khawatir dan bingung mengenai apa yang harus dilakukan saat terdeteksi positif Covid-19. Perlu diketahui, isolasi mandiri dapat dilakukan jika pasien tidak memiliki gejala atau hanya memiliki gejala ringan (mild symptoms).

Berikut 5 Hal yang Perlu Diketahui Saat Isolasi Mandiri

1. Pantau suhu tubuh dan gunakan Oxymeter

Lakukan pengecekan suhu tubuh dua kali sehari, jika suhu tubuh terus naik, segera periksakan ke rumah sakit terdekat. Perlu juga untuk melakukan pengecekan mandiri menggunakan Oxymeter, untuk memantau saturasi oksigen pada tubuh, jika sudah berada dibawah 95% pasien perlu periksakan ke rumah sakit untuk pengecekan lebih lanjut.

2. Selalu berada di dalam kamar

Pasien positif ataupun OTG harus menjaga jarak dari keluarga guna menghindari penularan, dan anggota keluarga lainnya juga harus menggunakan masker. Jika pasien terpaksa harus keluar kamar, pakailah masker dan jaga jarak.

3. Pastikan sirkulasi udara berjalan normal

Biasakan untuk membuka ventilasi udara yang ada di dalam kamar ini bisa dilakukan dengan membuka jendela secara berkala. Dengan membiasakan diri membuka ventilasi udara diruangan, sirkulasi udara diruangan akan lebih aman, sehingga suhu pada ruangan pun terjaga.

4. Gunakan alat makan pribadi

Ingat, Covid-19 bisa menular melalui droplet. Dengan menggunakan alat makan pribadi, hal ini tentu dapat menghindari penyebaran.

5. Keluarga wajib di test swab

Keluarga dan orang terdekat harus segera melakukan test swab demi mencegah penularan yang lebih luas.

Visit Social Media NeoClinic disini